Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambar dan Tekniknya

Olahraga renang merupakan olahraga air yang sangat menyehatkan tubuh. Dikarenakan saat kita berenang seluruh anggota tubuh ikut bergerak, karena itulah olahraga ini disebut olahraga yang kompleks untuk kesehatan seluruh tubuh. Akan tetapi jika kita ingin berenang kita harus mempunyai keahlian, karena jika tidak yang terjadi kita akan tenggelam.

Jika kalian ingin berenang, teknik renang dapat kita latih, macam-macam gaya renang juga bervariasi. Kalian dapat memilihnya sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki. Untuk teknik dasar renang adalah kita dapat mengapung atau melayang di air. Jika kita sudah menguasai hal tersebut maka akan sangat mudah untuk melatih gaya renang yang lainnya.

Macam-Macam Gaya Renang Beserta Gambar dan Tekniknya :

  1. Gaya Renang Dada


    Gaya Renang dada merupakan sebuah teknik renang yang mirip dengan katak pada saat berenang, sehingga gaya sering disebut dengan gaya katak. Untuk kecepatan gaya dada lebih rendah dibandingkan dengan gaya bebas, jika kalian ingin berenang secara santai, gaya ini sangatlah cocok. Kekuatan pada teknik ini terletak pada kekuatan tangan dan kaki untuk mendorong badan ke depan, gaya ini juga diperlukan kekuatan tangan untuk mendorong kebawah saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan.

  2. Gaya Renang Bebas


    Renang Gaya Bebas merupakan teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan pegerakan agar badan dapat meluncur dengan cepat. Walaupun disebut dengan gaya bebas, teknik renang ini juga mempunyai aturan. Pada saat melakukan gaya ini posisi badan kita harus berada di atas permukaan, tangan mengayuh kedepan dan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting.

    Untuk mengambil nafas adalah saat tangan diangkat keatas untuk mengayuh lalu kepala digelengkan kesamping kanan atau kiri setelah itu lakukan penarikan nafas bisa dengan mulut ataupun hidung.

  3. Gaya Renang Kupu-Kupu


    Renang Gaya Kupu-Kupu merupakan teknik renang yang dikembangkan dari gaya dada, pada dasarnya teknik dasar gaya kupu-kupu yang harus dimiliki adalah kekuatan lengan. Dikarenakan gaya kupu-kupu memiliki pusat kekuatan pada lengan, untuk gerakannya dapat seperti lumba-lumba yang masuk kedalam air kemudian keluar saat tangan didorong kebawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan.

    Gaya renang kupu kupu ini biasanya disebut dengan gaya lumba-lumba, kecepatannya lebih cepat dari gaya bebas. Akan tetapi untuk melakukannya harus dengan tenaga yang lebih ekstra.

  4. Gaya Renang Punggung


    Gaya Renang Punggung merupakan teknik renang dengan posisi badan terlentang memandang keatas, sedangkan punggung kita berada dipermukaan air. Untuk gerakan kaki dan tangan sama seperti gaya bebas, namun arahnya berlawanan. Untuk teknik pengambilan nafas gaya punggung dapat dilakukan kapan saja, dikarena wajah kita berada diatas air.

  5. Gaya Renang Anjing


    Gaya Renang Anjing merupakan teknik berenang yang gerakannya seperti Anjing berenang di air, posisi kepala berada diatas air sedangkan kaki dan tangan melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang. Karena itulah gaya ini disebut gaya Anjing.

  6. Gaya Renang Samping


    Gaya renang samping merupakan teknik gaya renang yang menggunakan sisi samping bagian tubuh kita. Gaya ini tidak diperlombahkan dalam kompetisi resmi, sehingga banyak sekali yang tidak mengetahui gaya ini, akan tetapi jika kita melatih gaya ini maka dapat menambah kemampuan kita untuk variasi berenang.

Itulah macam-macam gaya renang beserta gambar dan tekniknya, semoga bermanfaat bagi yang ingin belajar berenang.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *