Contoh Teks Narasi Panjang Dan Pendek

Contoh Paragraf Narasi – Dalam  mata pelajaran #Bahasa Indonesia kita mengenal adanya jenis – jenis paragraf, salah satunya adalah paragraf narasi.
Paragraf narasi terdiri dari salah satu jenis paragaf seperti paragraf deskripsi, paragraf argumentasi, paragraf eksposisi, dan paragraf persuasi. Pengertian paragraf narasi sendiri ialah sebuah karangan yang menceritakan kisah dalam runtutan waktu tertentu saja.
Paragraf narasi ini sangat berguna untuk menandai suatu topik baru, atau bisa mengembangkan lebih lanjut topik sebelumnya dengan menambahkan peristiwa penting agarlebih rinci.

Jenis Jenis Teks Narasi

Berikut ini adalah penjelasan mengenai teks narasi :
  1. Teks Narasi Ekspositorik
    Teks narasi ekspositorik ialah sebuah paragraf narasi yang memiliki sasaran untuk memberikan suatu informasi secara tepat tentang suatu kejadian atau peristiwa dengan tujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan orang tentang kisah seseorang.
  2. Teks Narasi Sugestif
    Teks narasi sugestif ialah narasi yang berupaya untuk memberikan suatu maksud tertentu atau menyampaikan sebuah amanat terselubung kepada para pembacanya atau para pendengarnya. Sehingga nampak seolah-olah pembaca dan pendengar dapat melihat dan mengetahui maksudnya.

 

  • Adanya unsur perbuatan atau tindakan.
  • Adanya unsur rangkaian waktu dan informatif.
  • Adanya sudut pandang penulis.
  • Menggunakan urutan waktu dan tempat yang berhubungan secara kausalitas.
  • Terdapat unsur tokoh yang digambarkan dengan memiliki karakter atau perwatakan yang jelas.
  • Terdapat latar tempat, waktu, dan suasana.
  • Mempunyai alur atau plot.
  • Termasuk jenis tulisan ilmiah atau nonfiksi atau biografi, autobiografi, sejarah, silsilah.
  • Termasuk jenis tulisan fiksi atau khayalan (cerpen, novel, roman).
  • Tidak memiliki kalimat utama (semua kalimat merupakan rincian).
  • Bertujuan menceritakan.

 

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Perjuangan Ir. Soekarno

Pada tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan Indonesia segera merdeka. Namun nyatanya pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai pada tanggal 31 Desember 1931.
Beliau dibebaskan dan kemudian bergabung dengan Partindo namun untuk yang kedua kalinya Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Kemudian beliau dipindahkan ke Bengkulu.
Setelah melewati perjuangan yang cukup panjang, beliau bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Hari Minggu

Hari minggu adalah hari yang paling melelahkan bagiku. Jika di pagi hari banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi untuk jalan-jalan bersama temannya, tidak berlaku bagiku.
Pukul 5 pagi aku sudah harus bangun dan membantu ibuku untuk memasak dan setelah itu aku harus menemani adik-adik ku bermain sampai mereka lelah tertidur.

Habibie

Novel Habibie dan Ainun menceritakan tentang romantika kehidupan Habibie dan Ainun. Menjelaskan tentang betapa besarnya cinta antara Habibie dan Ainun yang memberikan semangat serta motivasi dalam keberhasilan dan kesuksesan Habibie yang tidak lain adalah suami tercinta Ainun.
Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Shafira, karena ia telah mendapatkan kejutan dari teman-temannya. Sebelumnya ia sudah mencurigai akan tingkah laku teman-temannya yang sangat aneh. Benar saja, setelah pulang sekolah, teman-teman Shafira memberikan sebuah kejutan berupa kue ulang tahun dan hadiah ulang tahun.

Penggalan Novel “Lentera Laksmini” Karya Novellet

Laksmini menangis terisak di dada Handoko. Ia merasakan batinnya lelah. Sejak kepulangannya ke tanah air. Sejak berita selebriti tinggal serumah, Ferry dan artis Nadia. Sejak gempa bergoncang di desa mereka. Sejak ayahnya meninggal. Sejak ibunya cidera dan masuk rumah sakit. Sejak ia merasa tertipu oleh Pak Banu.
Dan sekarang, Handoko menyatakan ingin menjadikannya seorang istri. Berbagai perasaan mengharu biru sanubari Laksmini. Rasa kecewa karena diingkari, rasa marah karena ditipu, rasa sedih ayahnya meninggal, rasa cemas ibunya di rumah sakit. Kini mereka akan menuju ke bahtera kebahagiaan.

Contoh Teks Narasi Panjang

Susur Sungai Cikapundung

Minggu, 23 April, Pukul 08.00 pagi, peserta perjalanan ”Susur Sungai Cikapundung” sudah mulai berkumpul di sekretariat KMPA di Sunken Court W–03. Satu jam kemudian, rombongan berangkat menuju Curug Dago, dengan sedikit naik ke arah hulu di mana perjalanan itu dimulai. Tanpa ragu, peserta mulai menyusuri Cikapundung meskipun ketinggian air hampir mencapai sebatas pinggang.
Ketinggian air pun meningkat sekitar 50 cm setelah hujan deras mengguyur Bandung hampir sehari penuh kemarin, Sabtu 22 April 2006. Hari tersebut bertepatan dengan Hari Bumi. Derasnya air Sungai Cikapundung tidak mengecilkan hati para peserta yang mengikuti acara ”Susur Sungai Cikapundung”. Acara ”Susur Sungai Cikapundung” ini merupakan salah satu acara dari serangkaian kegiatan Pekan Hari Bumi se–ITB yang diadakan oleh Unit Kegiatan KMPA (Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam) yang bekerja sama dengan PSIK (Perkumpulan Studi Ilmu Masyarakat).
Acara ”Susur Sungai Cikapundung” ini diikuti oleh 24 orang yang terdiri atas berbagai unit kegiatan ITB seperti PSIK, KMPA, Teknik Pertambangan, Nymphea, Planologi dan 3 orang pelajar dari SMP al-Huda dan satu pelajar dari SMK Dago. Para mahasiswa Teknik Planologi 2004, mengikuti kegiatan tersebut dengan semangat menggebu. Mereka tidak menyangka bahwa dengan menyusuri sungai dapat menjadi ajang rekreasi dari rutinitas sehari–hari.
Beruntung, hari itu hujan tidak turun yang dapat menyebabkan acara menjadi kacau karena menyebabkan naiknya debit air dan menambah derasnya sungai sehingga dapat membahayakan diri peserta. Selain menyusuri sungai dan melihat secara langsung kondisi Cikapundung, peserta juga diberikan wacana dan ajang diskusi yang disampaikan oleh Andre, mahasiswa Teknik Planologi 2002, mengenai konsep penataan ruang di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang tetap memerhatikan lingkungan.
Selain itu, peserta juga diajak untuk mengambil sampah-sampah yang mencemari Sungai Cikapundung. Ajang diskusi ini menimbulkan banyak pertanyaan dari peserta tentang bagaimana seharusnya menata daerah sepanjang aliran sungai agar tidak merusak lingkungan dan sungai yang ada. Diharapkan dengan adanya acara ini para peserta yang ikut dapat mengetahui kondisi yang sebenarnya dari Sungai Cikapundung dan apa yang terjadi dengan lingkungan di DAS Cikapundung.
Selain itu, mudah-mudahan para peserta dapat tergerak hatinya untuk lebih memerhatikan masalah lingkungan yang terjadi di Bandung, khususnya Sungai Cikapundung. Setelah kurang lebih 4 jam menyusuri Sungai Cikapundung dan berbasah ria, sekitar pukul 14.20 acara menyusuri sungai tersebut selesai dan keluar di daerah Ciumbuleuit atas yang kemudian dilanjutkan dengan pawai spanduk dan poster sampai kampus

Meninggalnya Hamid Jabbar

Sabtu, tanggal 30 Mei: Ada e-mail pendek dari Agus R. Sarjono yang mengabari tentang meninggal nya Hamid Jabbar. Katanya, Hamid Jabbar (HJ) meninggal selepas acara baca puisi. Saya kaget, sedih, dan langsung meminta informasi tambahan dari Agus, ingin tahu tentang hari-hari terakhir kawan baik saya yang telah berpulang. Jawaban Agus segera sampai: Malam itu (29 Mei) ada orasi budaya di UIN Jakarta.
Orasi pertama Romo Magnis Suseno, kedua Bang Hamid, ketiga Putu Wijaya baca cerpen, kemudian Jamal D. Rahman baca puisi dan berorasi. Setelah itu harusnya tampil Franky Sahilatua memainkan musik-musiknya. Tiba-tiba HJ bilang kepada panitia dia akan membaca puisi juga. Waktu sebetulnya mepet dan jatahnya Franky, tapi HJ mengatakan bahwa dia akan membaca puisi, setelah itu langsung pulang. “Saya janji, habis baca puisi saya benar-benar pulang.” HJ pun membaca puisi dan mendapat sambutan meriah.
Kemudian, ia membaca sajak kedua. Di tengah pembacaan ia mengangkat kedua tangan dan berteriak di puncak pembacaan, kemudian perlahan-lahan tertunduk. Penonton terpukau, HJ kemudian perlahan-lahan jongkok. Penonton terpaku. Kemudian, ia teguling di panggung dalam keadaan terlentang. Tepuk tangan dan sedikit tawa para penonton. Satu menit berlalu. Penonton bertanya-tanya. Memasuki tiga menit mulai terjadi, HJ diangkut ke klinik, dan ketika diperiksa beliau sudah tidak ada.

Itulah Contoh Teks Narasi Panjang Dan Pendek, semoga bermanfaat.
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *