Seputar Otomotif | Hybrid Synergy Drive dan Mobil Hybrid


Ilmusahid.com - Pengertian Hybrid Synergy Drive, Keuntungan Mobil Hybrid, Keuntungan Mobil Hybrid, dan Cara Kerja Mobil Hybrid Standar dan Full Hybrid
Hybrid Synergy Drive adalah sebuah teknologi mobil hybrid yang dikembangkan oleh pabrikan otomotif asal Jepang,Toyota. Teknologi ini sudah diterapkan di beberapa produk Toyota seperti Auris, Prius, Highlander Hybrid, Camry Hybrid, Estima, Alphard, Lexus CT, Lexus RX 400h/RX 450h, Lexus GS 450h, Lexus LS 600h/LS 600hL, dan Lexus HS 250h. Toyota juga memberikan lisensi teknologi hybridnya ini pada Nissan untuk Nissan Altima Hybrid dan perusahaan supplier part Aisin Seiki Co. Teknologi HSD bisa membuat sebuah mobil hybrid menjadi mobil hybrid "penuh" artinya bisa berjalan hanya menggunakan motor listrik saja, di mana banyak pabrikan mobil lain tidak bisa.
Hybrid Synergy Drive merupakan penyempurnaan dari Toyota Hybrid System (THS) yang sudah digunakan di Toyota Prius generasi pertama pada tahun 1997 sampai 2003. Generasi kedua atau yang lebih dikenal dengan THS II diperkenalkan di Prius generasi berikutnya pada tahun 2004. Untuk Lexus, namanya diganti menjadi Lexus Hybrid Drive pada tahun 2006. Sistem Lexus Hybrid Drive mempunyai tujuan untuk meningkatkan tenaga dan performa kendaraan dengan efisiensi yang baik pula.
Ilmusahid.com - Pengertian Hybrid Synergy Drive, Keuntungan Mobil Hybrid, Keuntungan Mobil Hybrid, dan Cara Kerja Mobil Hybrid Standar dan Full Hybrid

Keuntungan Mobil Hybrid
Mobil hybrid bekerja dalam dua sumber daya. Mobil hybrid yang paling dasar didukung oleh mesin bensin tetapi juga menyimpan charge sebuah bank baterai. Mobil hibrida juga bisa mengisi baterai dengan menggunakan energi regenerasi yang diambil melalui sistem pengereman. Mobil hibrida biasanya akan beralih antara bensin dan tenaga baterai yang diperlukan.

Cara Kerja Mobil Hybrid Standar dan Full Hybrid
Mahalnya harga bahan bakar minyak membuat produsen mobil berlomba-lomba membuat mobil yang irit bahan bakar minyak. Oleh karena itu, pabrikan mobil membuat teknologi mobil Hybrid atau disebut dengan nama mobil Hybrida. Dengan tujuan irit konsumsi bahan bakar minyak tanpa mengurangi performa mobil.
Kendaraan Hybrid menggunakan penggabungan manfaat dari mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai, untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Mesin bensin menyediakan sebagian besar tenaga untuk mobil dan motor listrik memberikan daya tambahan bila diperlukan, seperti untuk menghidupkan mesin, mempercepat kendaraan, berhenti sementara dan maupun untuk menyalip.

Mobil Hybrid Standar
1. Menghidupkan mesin (Starting)
Pada saat menghidupkan mesin mobil menggunakan mesin bensin. Maka mesin generator akan mengubah energi yang dihasilkan dari mesin bensin menjadi energi listrik untuk mengisi baterai.
Menghidupkan mesin (Starting)

2. Kecepatan Jelajah
Pada mobil berjalan dengan kecepatan jelajah, mesin bensin akan sepenuhnya mengambil alih tenaga penggerak mobil, dan jika baterai kekurangan daya saat kecepatan jelajah maka mesin bensin akan dirubah oleh generator untuk mencharge baterai. Hal ini adalah kelanjutan proses dari starting.
Kecepatan Jelajah

3. Kecepatan Menyalip
Diperlukan tenaga akselerasi yang tinggi saat menyalip kendaraan lain . Oleh karena itu, untuk mencapai energi akselerasi dengan cepat, maka mobil menggunakan kedua tenaga yaitu tenaga dari mesin bensin dan tenaga dari motor listrik sesuai dengan kebutuhan pengemudi.
Kecepatan Menyalip

4. Pengereman
Pengereman mobil pada mobil Hybrid disebut dengan nama pengereman regeneratif (Regenerative Braking). Saat pengereman tenaga mobil akan menjadi sia-sia pada mobil non Hybrid. Sedangkan di mobil Hybrid, putaran roda saat pengereman berfungsi sebagai generator dari energi gerak menjadi energi listrik.
Pengereman

5. Berhenti
Saat mobil berhenti tenaga mesin akan dimatikan semua. Energi untuk AC, audio dan peralatan elektronik yang lain pada mobil mengambil daya dari baterai.

Mobil FULL Hybrid
1. Menghidupkan Mesin (Starting)
Di mobil full Hybrid, daya untuk menghidupkan peralatan electronik pada mobil di ambil dari baterai, seperti audio, AC, lampu. Mesin mobil bisa menyala menggunakan energi baterai.
Menghidupkan Mesin (Starting) Full Hybrid
2. Kecepatan Rendah
Pada akselerasi awal  mobil akan digerakan oleh motor listrik dan motor listrik akan mengambil daya dari baterai. Jika baterai harus diisi daya kembali, generator akan menghidupkan mesin dengan sendirinya untuk mengisi daya baterai. Pada mobil full Hybrid, saat kecepatan mobil lambat, biasanya di bawah 20 kilometer / jam, energi pengerak mobil secara otomatis menggunakan energi baterai dan mesin mobil yang menggunakan bahan bakar minyak dimatikan. Jadi pada jalanan macet, mobil full Hybrid akan irit bahan bakar.
Kecepatan Rendah Full Hybrid

3. Kecepatan Jelajah
Pada kecepatan jelajah, mesin bensin dan motor listrik bersamaan digunakan untuk menggerakan mobil. Generator juga merubah energi gerak untuk digunakan mencharge baterai.
Kecepatan Jelajah Full Hybrid
4. Kecepatan Menyalip
Sama seperti mobil hybrid standar, saat menyalip pengemudi akan memerlukan daya akselerasi. Daya ini diambil dari mesin bensin dan motor listrik secara bersamaan. Jadi daya tarikan saat menyalip melebihi daya tarikan mobil non Hybrid, tentunya dengan jenis mobil yang sama.
Kecepatan Menyalip Full Hybrid
5. Pengereman
Sama seperti mobil hybrid standar, mobil full hybrid menggunakan pengereman regeneratif yaitu merubah fungsi motor dari pengerak roda menjadi penghasil daya listrik.
Pengereman

6. Berhenti
Sama seperti pada mobil Hybrid standar, pada teknologi mobil full Hybrid, saat mobil berhenti daya mesin akan di matikan semua. Energi untuk AC, audio dan peralatan elektronik yang lain pada mobil mengambil daya dari baterai.
Bagikan ke:

Seputar Otomotif | Hybrid Synergy Drive dan Mobil Hybrid
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite