Pengertian Daya Listrik (Electrical Power) beserta Rumusnya !

Ilmusahid.com - Pengertian daya listrik (Electrical Power) beserta Rumusnya !

A. Pengertian Daya Listrik
Daya listrik didefinisikan sebagai laju hantaran energi listrik dalam rangkaian listrik. Satuan  Satuan Internasional (SI) daya listrik adalah watt yang menyatakan banyaknya tenaga listrik yang mengalir per satuan waktu (joule/detik). Daya Listrik atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Electrical Power adalah jumlah energi yang diserap atau dihasilkan dalam sebuah sirkuit atau rangkaian. Sumber energi seperti tegangan listrik akan menghasilkan daya listrik sedangkan beban yang terhubung dengannya akan menyerap daya listrik tersebut. Dengan kata lain, daya listrik adalah tingkat konsumsi energi dalam sebuah sirkuit atau rangkaian listrik.

Pengertian Daya Listrik (Electrical Power) beserta Rumusnya !

Arus listrik yang mengalir dalam rangkaian dengan hambatan listrik menimbulkan kerja. Peranti mengkonversi kerja ini ke dalam berbagai bentuk yang berguna, seperti panas (seperti pada pemanas listrik), cahaya (seperti pada bola lampu), energi kinetik (motor listrik), dan suara (loudspeaker). Listrik dapat diperoleh dari pembangkit listrik atau penyimpan energi seperti baterai.
Berdasarkan konsep usaha daya listrik adalah besarnya usaha UNTUK MEMINDAHKAN MUATAN PER satuan WAKTU atau lebih singkatnya adalah Jumlah Energi Listrik yang digunakan tiap detik. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut :
P = E / t
Keterangan
P = Daya Listrik (Watt)
E = Energi Listrik (Joule)

t  = Waktu (Detik)

*Daya Listrik dilambangkan dengan huruf “P” diambil dari singkatan Power. Daya listrik memiliki Satuan Internasional (SI) Daya adalah Watt yang disingkat dengan W. Watt adalah sama dengan satu Joule per detik (Watt = Joule / detik)
Satuan turunan Watt adalah seperti dibawah ini :
1 miliWatt  = 0,001 Watt
1 kiloWatt = 1.000 Watt
1 MegaWatt = 1.000.000 Watt

B. Hubungan Daya Listrik dengan Tegangan Listrik (Voltage) dan Kuat Listrik (Ampere)
Persamaan untuk menghitung Daya Listrik dalam sebuah Rangkaian Listrik yang memiliki tegangan dan kuat arus listrik adalah sebagai berikut  :
P = V x I

Atau

P = I^2 R
P = V^2 / R
Keterangan :
P = Daya Listrik (W)
V = Tegangan Listrik (V)
I = Arus Listrik (A)
R = Hambatan (Ω)
Bagikan ke:

Pengertian Daya Listrik (Electrical Power) beserta Rumusnya !
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite