Terapung, Melayang, dan Tenggelam Hukum Archimedes

Ilmusahid.com - Penjelasan Terapung, melayang, dan Tenggelam Hukum Archimedes dan contohnya serta Percobaan Praktikum
Pada hukum archimedes, sebuah benda dalam zat cair ada tiga keadaan yaitu:
1. Benda tenggelam.
Jika massa jenis zat cair lebih kecil daripada massa jenis benda, maka benda tersebut akan tenggelam. Dan berat benda w lebih besar dari gaya angkat Fa ke atas. Contohnya adalah jika Anda memasukkan batu, besi, baja kedalam air maka ke-tiga benda tersebut akan tenggelam.

Massa jenis benda lebih besar dari massa jenis fluida (ρ benda > ρ fluida dan Fa < w)
   
2. Benda melayang.
Jika massa jenis benda sama dengan massa jenis zat cair tempat ia berada. Atau berat benda w sama dengan gaya angkat Fa ke atas. Contohnya adalah telur ayam akan melayang jika dimasukkan ke dalam air garam karena massa jenis telur ayam sama dengan massa jenis air garam. (Lihat percobaannya dibawah Artikel)

Massa jenis benda sama dengan massa jenis fluida (ρ benda = ρ fluida dan Fa = w)

3. Benda terapung.
Jika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis zat cair, maka benda tersebut akan mengapung. Atau berat benda w lebih kecil dari gaya angkat Fa ke atas. Contohnya adalah saat Anda memasukkan gabus atau plastik ke dalam air, maka plastik atau gabus tersebut akan mengapung.

Massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis fluida (ρ benda < ρ fluida dan Fa > w )

Contoh penerapan hukum archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
1. Kapal laut yang terbuat dari baja dapat terapung.
Padahal kapal laut terbuat dari baja atau besi memiliki massa jenis lebih besar dari pada massa jenis air laut. Mengapa bisa terapung ya?

Kapal laut memiliki bentuk yang berongga agar volume air yang dapat dipindahkan lebih besar sehingga gaya angkat ke atasnya lebih besar pula. Volum air yang dipindahkan sebanding dengan gaya angkat ke atas oleh air laut atau gaya apung sehingga gaya apung menjadi lebih besar. Gaya apung ini dapat mengatasi berat total sehingga kapal laut dapat mengapung di permukaan laut. Jadi massa jenis rata - rata besi berongga dan udara yang menempati rongga masih lebih kecil daripada massa jenis air laut.
2. Balon udara.

Mengapa balon udara dapat terbang? Udara juga termasuk fluida. Balon udara berisi gas. Gas memiliki massa jenis yang lebih kecil dari pada udara sekitar sehingga balon tersebut dapat terangkat atau naik ke atas.

Percobaan Hukum Archimedes
Langkah 1
Ambil sebuah wadah bening yang berisi air putih, kemudian masukan sebutir telur. Reaksi yang terjadi adalah telur akan tenggelam.
Langkah 2
Ambil garam dan masukan kedalam wadah air yang berisi telur tadi dan lihat perubahanya. Telur yang tadinya tenggelam akan mengapung secara perlahan.

Penjelasan : Dari kedua langkah percobaan diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan reaksi. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan massa jenis air garam dengan bendanya. Sama seperti kapal yang bisa melayang, ini disebabkan air laut memiliki massa jenis sama sehingga berat kapal bisa didesain agar bisa melayang.

Demikian Penjelasan Terapung, melayang, dan Tenggelam Hukum Archimedes dan contohnya serta Percobaan Praktikum yang dapat Admin berikan. Semoga bermanfaat. 
Bagikan ke:

Terapung, Melayang, dan Tenggelam Hukum Archimedes
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite