Materi Pelajaran Fisika Kelas X SMA Besaran Fisika - Kalor


Ilmusahid.com - Materi Pelajaran Fisika Kelas X SMA Besaran Fisika - Kalor | Pengertian kalor, kalor jenis, kalorimeter, dan kapasitas kalor
Sebelum membahas materi kalor terlebih dahulu kita mempelajari  suhu. klik SUHU!!! 

A. Pengertian Kalor
Jika Suhu adalah derajat panas dinginnya suatu benda atau lebih tepatnya jumlah energi kinetik rata-rata suatu zat maka yang kalor adalah energi yang berpindah dari suatu zat yang suhunya lebih tinggi menuju zat lain yang suhunya lebih rendah.
Misalkan saat kita mencampurkan air panas dengan air dingin, maka yang terjadi air tersebut jadi hangat. Kenapa demikian? Hal tersebut dikarenakan air panas memiliki suhu lebih tinggi melepaskan kalor dan diterima oleh air yang dingin sehingga suhu campuran kedua zat tersebut adalah hangat.

Kalor biasanya dinyatakan dalam suhu. Satuan kalor di dalam satuan Internasional yaitu Joule, satuan kalor lainnya ialah kalori. 1 kalori di definisikan sebagai banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan sebanyak 1 kg air sebesar 1°C.
INGAT!! > 1 kalori = 4.2 Joule dan 1 joule = 0.24 kalori

B. Pengertian kalor jenis
Saat mempelajari kalor, kita juga dikenalkan dengan istilah kalor jenis. Apa itu kalor jenis? Kalor jenis adalah banyaknya kalor yang diserap atau diperlukan oleh 1 gram zat untuk menaikkan suhu sebesar 1°C. Kalor jenis juga diartikan sebagai kemampuan suatu benda untuk melepas atau menerima kalor. Masing-masing benda mempunyai kalor jenis yang berbeda-beda. Satuan kalor jenis J/Kg°C. 

C. Kalorimeter
Alat yang digunakan untuk menentukan kalor jenis suatu zat disebut kalorimeter. Kalorimeter terdiri dari dua buah bejana yang dipisahkan oleh sebuah ruang hampa udara, sendok pengaduk, tutup bejana yang terbuat dari kayu atau biasa disebut tutup isolator. Bejana kalorimeter bagian dalam terbuat dari bahan aluminium yang mengkilat yang bertujuan untuk mencegah perpindahan kalor ke lingkungan.
Gambar 1. Kalorimeter

D. Kapasitas Kalor
Berbicara masalah kalor, tidak lepas dari kapasitas kalor. Kapasitas kalor diartikan sebagai banyaknya kalor yang diserap oleh suatu benda bermassa tertentu untuk menaikkan suhu sebesar 1°C. Satuan kapasitas kalor dalam sistem International yaitu J/K

Untuk mengetahui banyaknya kalor yang dilepas atau diterima oleh suatu zat digunakan persamaan sebagai berikut:

Q = m.c.ΔT
Dimana :
Q = banyaknya kalor yang dilepas atau diterima oleh suatu benda (Joule)
m = massa benda yang menerima atau melepas kalor (kg)
c = kalor jenis zat (J/Kg°C atau J/KgK)
ΔT = perubahan suhu (°C atau K)

Untuk menentukan kalor jenis suatu zat digunakan persamaan :

C = Q / m.ΔT
Dimana :
C = kalor jenis zat (J/Kg°C atau J/KgK)
Q = banyaknya kalor yang dilepas atau diterima oleh suatu benda (Joule)
m = massa benda yang menerima atau melepas kalor (kg)
ΔT = perubahan suhu (°C atau K)

Untuk menentukan kapasitas kalor suatu zat digunakan persamaan :

C = Q / ΔT
Dimana :
C = kapasitas kalor (J/K)
Q = banyaknya kalor (J)
ΔT = perubahan suhu (K)

Kapasitas kalor juga dapat ditentukan dengan persamaan lain,
C = m. c

Demikianlah sekilas artikel tentang pengertian kalor, kalor jenis, kalorimeter dan kapasitas kalor, semoga bermanfaaat. Majulah pendidikan Indonesia !!!
Bagikan ke:

Materi Pelajaran Fisika Kelas X SMA Besaran Fisika - Kalor
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite