Materi Pelajaran Fisika Kelas X SMA Besaran Fisika - Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Dimensi

Ilmusahid.com - Materi Pelajaran Fisika Kelas X SMA Tentang Besaran Fisika : Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Materi FISIKA Kelas X SMA Besaran Fisika : Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Dimensi - Materi ini adalah materi pertama yang terdapat Fisika Kelas X. Diharapkan dengan materi yang Admin bagikan ini dapat menjadi bahan referensi yang baik untuk para pencari ilmu sekalian. salam sukses dan betapaindahnya berbagi ilmu.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah panjang, waktu, suhu, dan berat pada benda. Secara tidak disadari ternyata kita telah belajar mengenai satu bahasan fisika yaitu "Besaran".
Namun, apa sih definisi dari besaran itu sendiri? Dari berbagai sumber yang Admin baca, definisi dari besaran secara fisika adalah segala sesuatu yang dapat diukur dengan angka eksak dan mempunyai satuan.

Dari sekian banyak besaran yang kita kenal, besaran dibagi ke dalam dua kelompok yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Definsi dari besaran pokok adalah besaran yang telah ditentukan terlebih dahulu (satuannya telah ditetapkan) berdasarkan kesepakatan para ahli fisika (secara Satuan Internasional (SI)). Jika di Indonesia terdapat istilah "sembilan bahan pokok", maka dalam fisika juga ternyata terdapat istilah seperti itu, yaitu "tujuh besaran pokok". Tujuh besaran pokok ini terdiri atas besaran panjang, waktu, massa, suhu, arus listrik, jumlah molekul, dan intensitas cahaya.
Selain besaran - besaran pokok yang telah nyatakan di atas, ada juga yang dinamakan dengan besaran turunan. Definisi dari besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok. Contohnya volume yang diturunkan dari besaran panjang ; gaya yang diturunkan dari besaran massa, panjang dan waktu ; kecepatan yang diturunkan dari besaran panjang dan waktu. 
Besaran menyatakan sifat dari benda. Sifat ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran. Oleh karena satu besaran berbeda dengan besaran lainnya, maka ditetapkan satuan untuk tiap besaran. Satuan juga menunjukkan bahwa setiap besaran diukur dengan cara berbeda. Agar adanya keseragaman, satuan untuk besaran-besaran fisika didasarkan pada satuan Sistem Internasional (SI). Satuan SI ini diambil dari sistem metrik yang telah digunakan di Perancis setelah revolusi pada tahun 1789.
A. Pengertian Besaran Pokok
Besaran pokok atau besaran inti merupakan besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak memiliki ketergantungan pada besaran lainnya. Besaran ini memiki beberapa cabang yang dinamakan dengan besaran turunan. Terdapat tujuh besaran pokok yang telah ditetapkan dan harus diketahui, yaitu:
  1. Massa
  2. Waktu
  3. Panjang
  4. Kuat arus listrik
  5. Temperatur atau suhu
  6. Intensitas cahaya
  7. Jumlah zat

Selain besaran-besaran di atas, terdapat dua besaran tambahan yang tidak memiliki dimensi, yakni sudut datar dan sudut ruang (tiga dimensi). Satuan dan lambang satuan dari besaran pokok dapat Anda lihat pada Tabel berikut:
B. Pengertian Besaran Turunan
Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disebut satuan turunan dan diperoleh dengan mengabungkan beberapa satuan besaran pokok. Sebagai contoh, volume sebuah balok adalah panjang × lebar × tinggi. Panjang, lebar, dan tinggi adalah besaran pokok yang sejenis. Dengan kata lain, volume diturunkan dari tiga besaran pokok yang sejenis, yaitu panjang.
Contoh lain adalah kelajuan, yakni jarak dibagi waktu. Kelajuan diturunkan dari dua besaran pokok yang berbeda, yakni panjang (jarak) dan waktu. Selain memiliki satuan yang diturunkan dari satuan besaran pokok, besaran turunan juga ada yang memiliki nama satuan tersendiri. Untuk lebih mengetahui lebih detail, perhatikan tabel berikut ini !
Perhatikan tabel contoh besaran turunan berikut ini !

C. Dimensi
Dimensi suatu besaran adalah penggambaran atau cara penulisan suatu besaran dengan menggunakan simbol (lambang) besaran pokok. Hal ini berarti dimensi suatu besaran menunjukkan cara besaran itu tersusun dari besaran-besaran pokok. Apapun jenis satuan besaran yang digunakan tidak mempengaruhi dimensi besaran tersebut, misalnya satuan panjang dapat dinyatakan dalam m, cm, km, ft, keempat satuan ini mempunyai dimensi yang sama yaitu L.
Pada sistem satuan internasional (SI), ada tujuh besaran pokok yang berdimensi, sedangkan dua besaran pokok tambahan tidak berdimensi. Cara penulisan dimensi dari suatu besaran dinyatakan dengan lambang huruf tertentu dan diberi kurung persegi. Berikut tabel besaran pokok beserta dimensinya:

Dimensi dari besaran turunan dapat disusun dari dimensi besaran-besaran pokok. Perhatikan tabel besaran turunan berikut ini !

Tidak hanya berpaku pada tabel diatas, cukup banyak besaran turunan lainnya yang dapat dibuat dimensinya untuk membuktikan kebenaran dari besaran atau persamaan tersebut. Seiring berjalannya waktu, perkembangan besaran turunan makin meningkat sehingga dapat dikatakan dimensi besaran turunan dapat terus diperbaharui.
Bagikan ke:

Materi Pelajaran Fisika Kelas X SMA Besaran Fisika - Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Dimensi
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite