Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat


Ilmusahid.com - Makanan Khas Pontianak Kalimantan BaratAssalamuallaikum para pecinta kuliner.  Sebelumnya pernahkan Anda mendengar istilah “Tidak ada cinta yang lebih tulus daripada cinta kepada makanan.” Istilah tersebut pernah dilontarkan oleh George Bernard Shaw, seorang aktivis politik, kritikus Irlandia sekaligus co-founder London School of Economics (LSE). Istilah tersebut memang benar adanya. Tidak percaya ? Coba Anda renungkan sejenak. *Teetttt ... Waktu habis ^_^ 

Di postingan kali ini Admin tidak memfokuskan cara membuat makanan yang enak atau bergizi sekalipun. Tetapi, Admin memberikan informasi Daftar Menu Makanan Khas Pontianak. Kalau soal makanan Admin gak mau panjang lebar celoteh. Langsung aja yuk kita simak berita nya.

1. Bubur Pedas
Bubur pedas merupakan makanan khas suku Melayu Sambas, di Kalimantan Barat. Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng, kemudian diberi bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada hitam, serai, daun salam, garam dan gula. Bumbu-bumbu tersebut ditumbuk halus bersama beras tumbuk. Setelah proses masakan selesai semua bahan dimasukkan ke dalam kuah kaldu daging atau tetelan tulang sapi. Setelah beras dan bumbu tercampur kedalam kaldu sapi, maka kita masukkan berbagai macam sayuran seperti kangkung, daun pakis, jagung yang telah dipipil, kentang, daun kunyit dan daun kesum secukupnya. Manfaat daun kesum ini membuat bubur pedas beraroma khas tetapi perlu diingat jika terlalu banyak juga terasa tidak enak bubur pedas nantinya.
Setelah bubur pedas ini masak hidangkan bersama dengan krupuk, kacang tanah goreng, kecap manis, sambal dan bawang goreng, serta tambahkan pula perasaan air jeruk. 

2. Mie Sagu
Masakan mie sagu merupakan makanan suku Bugis, Kalimantan Barat. Bahan dasar mie sagu ini yaitu tepung sagu yang di campur dengan air kemudian di iris tipis sehingga menyerupai menjadi mie. Bentuknya mirip dengan bihun tapi lebih besar. Bumbu tambahan pada mie sagu ini antara lain cabe, bawang merah dan bawang putih yang ditumbuk sampai halus. Anda juga bisa menambahkan udang dan tauge sebagai pelengkap, Biasanya mie sagu dimasak tumis (goreng) dan ada juga disajikan dalam bentuk kuah.
Mie Sagu GorengMie Sagu Kuah

3. Lempok Durian
Lempok Durian merupakan oleh-oleh kalimantan barat yang cukup terkenal sebagai salah satu pusat distribusi durian di Kalimantan Barat. Makanan ini hampir sama dengan dodol. Memiliki bentuk dan tekstur yang juga sama. Untuk Anda penggemar berat buah durian, tentu sudah penasaran dengan rasa yang dimiliki oleh lempok ini. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu memisahkan daging dari isinya kemudian dimasak pada kuali. Tambahkan gula dan garam kemudian masak 3-4 jam. 

4. Sotong Pangkong
Sotong Pangkong adalah sotong atau cumi yang telah dikeringkan dimasak dengan cara di panggang. Usai dipanggang, lalu di pangkong atau dalam bahasa Melayu di pukul–pukul, agar dagingnya terasa lebih empuk. Kemudian, disajikan bersama dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis. 

5. Lemang
Pulut yang dimasak dicampur santan dan dimasukan kedalam bambu. Didalam bambu tersebut dimasukkan daun pisang agar nasi pulut tersebut tidak melekat. Lalu bambu yang sudah di isi beras pulut tadi dipanggang pada perapian. Rasanya sangat lezat jika dimakan sewaktu hangat. 

6. Pengkang
Bentuknya seperti kerucut kecil dan dibungkus daun pisang. Pengkang berbahan dasar beras ketan dimasak dengan santan setelah itu dibungkus daun pisang berisi udang dan kelapa onseng. Makanan tersebut dipanggang pada perapian.

7. Chai Kue
Chai kue berasal dari kata: "chai" yang artinya adalah sayur dan "kue" yaitu kue, sering juga dikenal sebagai "Choi Pan". Chai kue memang merupakan sejenis kue yang isinya adalah sayuran dan dimasak dengan cara dikukus. Chai kue memiliki beberapa variasi isi, ada yang berisi bengkoang, talas yang dicampur dengan sedikit ebi halus, rebung dan kucai. Sedangkan adonan kulit pembungkusnya terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan sedikit tepung sagu atau tapioka.

8. Hekeng
Hekeng adalah makanan yang terbuat dari daging udang, ikan atau daging babi yang telah dihaluskan kemudian diberi bumbu dan dibungkus dengan lembaran kembang tahu kering. Kemudian semua bahan dikukus. Biasanya setelah dikukus disimpan terlebih dahulu didalam lemari es dan dipotong-dipotong jika ingin digoreng untuk disajikan.

Demikian postingan Admin kali ini. Jika berkunjung ke kota Pontianak jangan lupa mencicipi salah satu makanan di atas ya. Terima kasih sudah berkunjung, untuk Saran dan Komentar Anda silahkan cantumkan dibawah ini. Klik Button share di bawah ini :












Bagikan ke:

Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite