Makanan Khas Ketapang Kalimantan Barat


Ilmusahid.com - Makanan Khas Ketapang Kalimantan Barat . Assalamuallaikum wr.wb , ketemu lagi dengan Mimin yang tak jemu-jemunya membahas kuliner. Postingan kuliner kali ini berasal dari Negeri Tanah Kayong atau Ketapang. Selain cewek-cewek melayunya yang cantik-cantik, daerah ini juga memiliki kuliner khas yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.
Tak perlu panjang lebar mari kita simak beritanya !

1. Ale-Ale 
Ale-ale adalah sejenis hewan air yang menyerupai kerang. Hewan air ini juga dijadikan simbol atau tagline kota Ketapang. Menurut mitos yang beredar, Ale-Ale adalah sejenis hewan yang berasal dari buah pohon Ketapang yang jatuh ke dalam sungai. Sulit untuk mempercayai-nya memang, maka hal ini lebih sering disebut sebagai mitos. 
Ale-ale juga dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti sambal ale-ale, ale-ale tumis, serundeng ale ale, ale ale kuah kental, ale ale asam garam, sate ale ale dan lain lain. Selain itu cara sederhana untuk menikmati ale ale ini adalah di rebus dengan garam. Selain lezat, ale ale memiliki kadar protein yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan kita.

2. Amplang
Kota ketapang juga terkenal dengan makanan ringan yang asli dari Kabupaten Ketapang yang disebut "Amplang". 
Biasanya para wisatawan yang datang ke kota Ketapang tidak lupa untuk membeli Amplang buantan asli kota ketapang untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh pulang. Untuk bahan dasar pembuatan menggunakan ikan tenggiri atau ikan belida.






3. Jenjorong
Jenjorong adalah makanan khas ketapang yang berbahan dasar tepung beras, tepung kanji, gula merah, air daun suji dan pandan, serta santan encer. 

Jenjorong menggunakan wadah atau tempat daun pandan. Daun pandan di sini bukanlah daun pandan yang biasa di gunakan untuk memasak tetapi daun pandan yang besar atau biasa yang kita temui daun pandan yang berduri.
4. Ketupat Colet
Secara fisik, ketupat ini tak jauh berbeda dengan ketupat yang dikenal selama ini. Namun yang menjadi perbedaannya adalah cara memakannya yang unik. 

Ketupat dan rendang sapi atau ayam maupun lauk yang lainnya tidak langsung dicampur lalu dimakan. Tapi, cukup mencolekkan bagian ketupat ke rendang kemudian baru dimakan.

Jika Anda berkunjung ke daerah Ketapang jangan sampai tidak mencicipi salah satu makanan di atas. Dijamin rasanya akan membuat Anda ingin tambah lagi. Demikian postingan kali ini , kritik dan komentar Anda silahkan dibawah ini.
Wassalamuallaikum wr.wb
Bagikan ke:

Makanan Khas Ketapang Kalimantan Barat
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite