Dasar Teori Praktikum Termodinamika PERUBAHAN WUJUD ZAT

Ilmusahid.com - Dasar Teori Praktikum Termodinamika PERUBAHAN WUJUD ZAT

PRAKTIKUM PERUBAHAN WUJUD ZAT

A. Tujuan Percobaan
Mahasiswa dapat menyelidiki apakah dalam perubahan wujud memerlukan kalor

B. Dasar Teori
Perubahan wujud zat yaitu perubahan termodinamika dari suatu fase benda ke keadaan wujud zat yang lain. Wujud zat sendiri menyatakan bentuk-bentuk berbeda yang didapatkan dari berbagai fase materi berlainan. Perubahan wujud zat dapat terjadi karena peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor. Wujud zat berubah ketika titik tertentu tercapai oleh atom/senyawa zat tersebut yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu. Semisal air untuk menjadi padat harus mencapai titk bekunya yaitu 0? derajat dan air menjadi gas harus mencapai titik didihnya yaitu 100?. (Tim Dosen Pendidikan Fisika, 2015)
Suhu menunjukan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukan energy yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan ditempat berupa getaran. Makin tingginya energy atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda terebut. Suhu juga disebut temperature yang diukur dengan alat thermometer. Empat macam thermometer yang paling dikenal adalah Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin. (Kanginan, 2007)
Minyak atau lemak merupakan komponen bahan makanan yang penting. Istilah minyak atau lemak sebenarnya tergantung apakah pada suhu kamar bahan tersebut dalam keadaan cair atau padat. Bila pada suhu kamar dalam keadaan cair, maka disebut minyak. Sebaliknya bila dalam keadaan padat disebut lemak. Lipid atau lipida lebih merupakan istilah ilmiah, yang mencakup baik minyak maupun lemak. Dalam bahan makanan lemak dapat terdiri dari dua bentuk, yaitu yang tampak (visible) dan yang tidak tampak (invisible). Lemak yang tampak misalnya mentega, margarine, minyak goring dan sebagainya. Lemak yang tidak tampak misalnya terdapat dalam bebagai bahan makanan seperti daging, kacang tanah, susu, telur, dan sebagainya. (Mungiwara, 2001) 

C. DAFTAR PUSTAKA
Kanginan, Marthen. 2007. FISIKA UNTUK SMA KELAS X. Erlangga : Jakarta
Mungiwara, N. 2001. LIPID. Erlangga : Jakarta
Tim Dosen Pendidikan Fisika.2015. MODUL PENUNTUN PRAKTIKUM TERMODINAMIK. IKIP PGRI Pontianak : Pontianak

Bagikan ke:

Dasar Teori Praktikum Termodinamika PERUBAHAN WUJUD ZAT
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite