Sejarah Asal Usul Kata Google dan Sejarah Berdirinya Google

Google adalah mesin pencari terkenal didunia. Tanggal 7 September 2016 nanti Google akan berusia 18 tahun. Saat memulai pencarian kita akan mengetikan google.co.id maupun google.com pada search engine. Dalam dunia SEO pun yang lebih sering digunakan dalam pencarian adalah pencarian Google.

Tapi pernahkan terbayangkan arti google dan asal usul berdirinya Google itu sendiri? Nah dalam postingan kali ini Admin akan memberikan artikel tentang asal usul kata dan sejarah berdirinya Google.

Google memiliki latar belakang sejarah yang unik. Google lahir dari sebuah pertemuan antara dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page, alumni Universitas Michigan yang kala itu berumur 24 tahun tengah menikmati kunjungan akhir pekan tanpa sengaja bertemu dengan Sergey Brin, salah seorang murid yang mendapat tugas menemani kunjungan akhir pekan Lary.

Larry Page dan Sergey Brin
Keduanya memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda sehingga sering terlibat perdebatan. Namun, perbedaan pemikiran mereka justru menghasilkan sebuah pendekatan unik dalam menyelesaikan salah satu tantangan terbesar pada dunia komputer. Yaitu, masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif.
Pada Januari 1996, Larry dan Sergey memulai kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. 
Meyakini bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling relevan, Larry dan Sergey memutuskan untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka. Hal ini menjadi pondasi bagi mesin pencari mereka. Mereka secara resmi membentuk perusahaan mereka Google Inc. pada 7 September 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.
Sedangkan kata Google berasal dari kata "Googol". Kata ini diciptakan oleh Milton Sirotta, seorang ahli matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0). Luar biasa. Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. 
Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah hingga Googol-an. Walaupun itu bintang, partikel debu, ataupun atom. Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata Googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia saiber tempat informasi melimpah tanpa batas.

Demikian artikel Sejarah Asal Usul Kata Google dan Sejarah Berdirinya Google yang dapat Admin berikan. Semoga bermafaat. Terima kasih telah berkunjung pada Blog Ilmusahid dan temukan informasi lainnya hanya di : Ilmusahid.com  

Bagikan ke:

Sejarah Asal Usul Kata Google dan Sejarah Berdirinya Google
Join This Site Show Conversion CodeHide Conversion Code Show EmoticonHide Emoticon

Please comment with polite